PEMILIHAN
MEDIA PEMBELAJARAN
Oleh:
Andi Muliana
PBI 1
20400111014
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUIDDIN MAKASSAR
Andi Muliana
PBI 1
20400111014
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUIDDIN MAKASSAR
2013
A. PENTINGNYA PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
• Faktor kepraktisan dan instruksional
• Bukan berdasarkan kesenangan
• Hasil analisis yang tajam terhadap:
a. Tujuan
b. Peserta Didik
c. Metode
d. Ketersediaan teknologi
• Tepat sasaran sesuai keperluan interaksi yang baik
B. KRITERIA PEMILIHAN MEDIA
• Jelas dan rapi
• Bersih dan menarik: Teks, Gambar, Suara, Dan Video
• Cocok dengan sasaran
• Relevan dengan topik pembahasan
• Sesuai dengan tujuan pembelajaran
• Praktis, luwes dan tahan: Mudah diperoleh dan dibuat
• Berkualitas baik
• Ukurannya sesuai dengan lingkungan belajar
C. PRINSIP PEMILIHAN MEDIA
• Kesesuaian
• Kejelasan sajian
• Kemudahan akses
• Keterjangkauan
• Interaktivitas
• Ada alternatif
• Kualitas
• Ketersediaan
• Organisasi
• Kebaruan
• Berorientasi siswa
D. PROSEDUR PEMILIHAN MEDIA
ANALISIS KEBUTUHAN:
1. Karakteristik Siswa:
• Jenis Media yang sesuai
• Memilih media:
a. Ketersediaan
b. Kemampuan pengguna
c. Fasilitas
d. Biaya
• Menetapkan media
2. Tujuan Pembelajaran
3. Bahan Ajar
E. MENGIDENTIFIKASI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK
• Karakteristik Umum
• Tingkat
• Jenis Kelamin
• Latar Budaya
• Kebiasaan
• Karakteristik Khusus
• Pengetahuan
• Keterampilan
• Sikap
• Gaya Belajar
• Kecerdasan
F. MENELAAH TUJUAN PEMBELAJARAN/KOMPETENSI
Contoh:
a. Siswa akan mampu melafazkan bacaan-bacaan shalat jenazah
b. Siswa akan mampu melaksanakan shalat jenazah secara berjamaah
1. AUDIO, AUDIO-VISUAL REAL OBJECT
2. VISUAL REAL OBJECT, VIDEO
G. MENGKAJI KARAKTERISTIK BAHAN AJAR
Menentukan jenis aktivitas untuk penyajian bahan ajar:
1. VISUAL: membaca, menyimak, melakukan percobaan, dan memperhatikan
2. Oral: bertanya, menyatakan, mengeluarkan pendapat, berdiskusi, dan memberi saran
3. Mendengar: pidato, musik, percakapan, puisi, dan kosa-kata
4. Menulis: mencatat poin-poin, menulis karangan, naskah, dan mengerjakan latihan
5. Menggambar: membuat grafik, peta, membuat gambar sesuatu, dll.
6. Motor: mereparasi, mengembangkan alat, menggunakan komputer, berkebun, berdarmawisata, dan field trip
7. Mental: mengingat, mengerjakan soal, menganalisis, mengambil keputusan.
8. Emosional: menaruh minat, merasa gembira, bosan, semangat, tenang, gugup, percaya diri, dan kepuasan.
H. MENETAPKAN PILIHAN MEDIA
a. Merujuk pada karakteristik siswa
b. Bahan ajar
c. Tujuan yang ingin dicapai
d. Media alternatif
e. Ketersediaan
f. Fasilitas pendukung
I. MEREVIEW MEDIA YANG DIPILIH
a. Kelebihan
b. Kelemahan
c. Alternatif media lain
d. Ketercapaian tujuan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar